Employee Mobility: Cara Mengelola Transisi Karyawan pada Perusahaan Global

Employee Mobility: Cara Mengelola Transisi Karyawan pada Perusahaan Global

Membahas seputar transisi karyawan atau employee mobility, maka tak luput dari cakupan manajemen SDM. Transisi karyawan ini sangat umum terjadi baik dalam lingkup internal maupun eksternal. Berikut penjelasannya!

Pengertian dari Employee Mobility atau Transisi Karyawan

Transisi karyawan (employee mobility) merupakan suatu fenomena yang merujuk pada perpindahan karyawan di sebuah perusahaan. Perpindahan tersebut dapat berupa promosi atau degradasi (vertikal), perpindahan antar departemen (lateral), atau perpindahan antar perusahaan yang dilatarbelakangi oleh relokasi ke kantor cabang.

Employee mobility ini menjadi ajang dalam mengembangkan karier individu yang di harapkan dapat memenuhi kebutuhan strategis perusahaan. Namun, ada beberapa alasan fenomena ini yang di kaitkan dengan adanya masalah pada karyawan itu sendiri.

Bagaimana Cara Manajemen SDM dalam Mengelola Employee Mobility Secara Efektif?

HR dapat mengelola transisi karyawan secara efektif. Namun, dalam skala perusahaan global, HR memerlukan perencanaan dan pendekatan strategis agar proses transisi karyawan dapat berjalan dengan baik dan efektif.

Terutama dalam lingkup global yang lebih kompleks akan lintas budaya, regulasi, hingga geografis. Berikut penjabarannya:

Melakukan perencanaan yang matang

Sebelum memutuskan untuk melakukan transisi ke salah satu karyawan, manajemen SDM sebelumnya akan membuat perencanaan terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan untuk mendapatkan jawaban atas dilaksanakannya transisi tersebut yang biasanya terkait dengan tujuan promosi, pengembangan keterampilan, hingga pengisian kekosongan posisi.

Di bagian ini, HR dapat membuat rencana transisi yang jelas dengan timeline dan peran yang terlibat, termasuk persiapan untuk karyawan yang dipindahkan.

Memfasilitasi karyawan dengan pembekalan dan pelatihan 

Pelatihan yang relevan, mencakup pelatihan budaya (terutama bagi karyawan akan pindah ke negara lain) akan sangat membantu mereka dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Contohnya, pelatihan bahasa, perkenalan adat istiadat, atau penjelasan seputar standar kerja lokal.

Menjaga komunikasi secara transparan

Sebelum memindahkan tugas karyawan, ada kalanya HR memberikan informasi arahan untuk karyawan yang akan bertugas ke daerah lain. HR akan menjelaskan alasan transisi, jobdesk, serta hal yang di harapkan dari peran baru yang akan dihadapi. Oleh karena itu, transparansi komunikasi harus baik agar terhindar dari adanya kecenderungan Miss-komunikasi yang dapat merugikan kedua belah pihak. 

Menyediakan dukungan relokasi dan logistik

Jika transisi melibatkan perpindahan geografis yang jauh, maka peran HR dapat memberikan bantuan ke karyawan dan keluarganya terkait relokasi dan logistik. Bantuan tersebut dapat berupa pengaturan logistik seperti perumahan, visa, pendidikan anak, hingga asuransi kesehatan. Penyediaan layanan ini akan sangat membantu dalam mengurangi beberapa hambatan selama proses relokasi.

Membantu karyawan dalam melakukan penyesuaian yang terintegrasi

Memberikan mentor baru bagi karyawan yang bertransisi agar dapat berintegrasi dan berbaur dengan tim baru atau lingkungan kerja baru. HR dapat membuat program orientasi yang bertujuan untuk membantu mereka memahami budaya kerja di lokasi baru dengan di dampingi langsung oleh seorang mentor.

Melakukan evaluasi

Melakukan evaluasi terhadap karyawan yang telah menyelesaikan transisi secara berkala. Hal ini dapat membantu HR untuk memastikan apakah karyawan yang bertransisi tersebut dapat berhasil dalam peran baru mereka dan mendapatkan dukungan yang diperlukan.

Kesimpulan

Itulah beberapa langkah dalam mengelola Employee Mobility agar berjalan dengan efektif. Dengan strategi tersebut, dapat diharapkan bahwa transisi karyawan yang dilakukan dalam lingkup organisasi global dapat dikelola secara baik dan terarah.

Mengelola employee mobility dalam perusahaan global bisa menjadi tantangan, tetapi dengan Klique, Anda dapat mengelola transisi karyawan dengan mudah dan efektif.

Kami menyediakan solusi HR yang fleksibel dan terintegrasi untuk memastikan mobilitas karyawan berjalan lancar, tanpa kendala administratif atau kepatuhan hukum. Hubungi Klique sekarang dan optimalkan pengelolaan transisi karyawan di perusahaan global Anda!

Referensi:

FacebookTwitterEmailLinkedIn

Recent