OKR: Mengenal Objective Key Results, Tujuan, dan Pentingnya bagi Aktivitas Perusahaan

OKR: Mengenal Objective Key Results, Tujuan, dan Pentingnya bagi Aktivitas Perusahaan

Objective Key Results (OKR) telah menjadi salah satu metode kerja yang cukup populer pada saat ini. Memiliki dampak positif pada aktivitas kerja, menjadikan metode ini layak untuk diterapkan. Pendekatan terstruktur dan keterbukaan akan tujuan dinilai mampu mengoptimalkan kinerja perusahaan. Oleh karena itu, bagi Anda yang mungkin ingin mengetahui lebih dalam mengenai OKR, simak artikel berikut.

Definisi Objective and Key Result (OKR)

Objective and Key Results (OKR) adalah kerangka kerja yang dibuat untuk menetapkan dan melacak tujuan dalam suatu organisasi. Ini biasanya terdiri dari tujuan utama (objective) dan beberapa target hasil (key results). Dalam perancangannya, penetapan tujuan tersebut harus dibuat secara spesifik, terukur, dan terikat waktu. Alasannya karena dapat memudahkan pelacakan selama proses untuk mencapai target.

OKR juga dirancang untuk membantu tim atau organisasi menyelaraskan tujuannya dengan perusahaan. Yang mana, ini dapat berupa proses pengoreksian kesalahan, evaluasi, dan berakhir untuk memastikan semua orang menuju ke arah yang sama. Hal ini tentunya  berdampak besar terhadap upaya perusahaan dalam meningkatkan produktivitas. Secara umum, OKR memiliki struktur seperti berikut:

  • Objective: Pernyataan yang jelas dan ringkas tentang apa yang ingin Anda capai.
  • Key results: Satu set target atau hasil yang mengukur kemajuan menuju tujuan.

Sebagai contoh sederhananya, OKR ini bisa diterapkan dalam berbagai rencana, misalnya pada strategi HR seperti:

Objective: Meningkatkan keterlibatan karyawan sebesar 25% di tahun depan

  • Key result 1 : Melakukan 5 survei kepuasan karyawan
  • Key result 2 : Menerapkan 3 program employee recognition
  • Key result 3 : Memberikan peluang pengembangan profesional bagi karyawan

Adanya OKR, perusahaan dapat memastikan tim mereka bekerja sesuai dengan prioritas yang penting dan membuat progres yang signifikan. Selain itu,  kerangka kerja ini juga dapat diaplikasikan pada berbagai jenis perusahaan, baik yang baru berdiri maupun yang sudah besar, karena memiliki fleksibilitas dan dapat disesuaikan.

Tujuan OKR dalam Organisasi

Pada dasarnya OKR bertujuan untuk memberikan kerangka kerja yang jelas bagi setiap anggota tim. Ini dapat menjadi panduan bagi mereka untuk melakukan aktivitas yang terarah. Terarah dalam konteks ini yaitu memiliki target yang bisa mereka capai dan mengurangi aktivitas yang tidak memiliki esensi pada tujuan tim. 

Sedangkan dikutip dari spica.com, tujuan utama OKR adalah untuk menciptakan keselarasan dan secara teratur mengukur kemajuan sambil mempromosikan komitmen. Inti dari OKR terletak pada kesederhanaan dan orientasi berbasis hasil.

Alasan Kenapa Anda Harus Menerapkan OKR 

Bagi Anda yang mungkin masih kebingungan atau ragu untuk menerapkan metode kerja ini, berikut adalah alasan atau manfaat yang bisa didapatkan dari objective & key results.

1. Meningkatkan fokus

Alasan pertama membuat OKR bisa memberikan manfaat pada kinerja tim Anda yaitu dapat meningkatkan fokus. Adapun dalam konteks ini OKR membantu tim atau organisasi untuk memfokuskan upaya mereka untuk mencapai tujuan dengan inisiatif efektif.

Umumnya upaya untuk mencapai tujuan tersebut tidak dilakukan dengan secara gamblang. Melainkan objektif ini telah dipecah menjadi key results atau langkah-langkah yang lebih kecil, sehingga dapat dicapai dengan mudah. Namun inti dari hal ini yaitu setiap orang memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang harus dicapai (fokus). 

2. Menyelaraskan upaya

Kita semua tahu, akan sulit untuk mencapai tujuan ketika setiap orang bergerak ke arah mereka sendiri. Namun, adanya OKR  membantu menyelaraskan upaya individu, tim, dan seluruh organisasi menuju visi bersama. Hal ini juga tidak terlepas karena OKR menciptakan transparansi yang membuat semua orang mengetahui apa yang harus mereka lakukan.

Berdasarkan Harvard Business Review yang dikutip dari whatmatters.com, perusahaan dengan karyawan yang sangat selaras memiliki kemungkinan dua kali lebih besar untuk bekerja dengan lebih baik. 

3. Menciptakan transparansi

Dikutip dari Workpath, OKR mendukung komunikasi dan transparansi dalam tim dengan memberi anggota gambaran yang baik tentang seberapa sukses mereka bekerja menuju tujuan bersama. Melalui diskusi rutin dan dokumentasi kemajuan, semua karyawan selalu update tentang kondisi yang terjadi. Hal ini tentunya dapat membuat mereka bekerja dan menghasilkan keputusan secara mandiri.

4. Meningkatnya komitmen

Manfaat selanjutnya dari OKR adalah meningkatkan komitmen. Penyesuaian jadwal dan keterbukaan akan proses kerja memastikan komitmen tercapai. Proses ini dilakukan secara terbuka dan setiap anggota tim harus membuat jelas bahwa mereka bekerja untuk mencapai OKR tersebut.

5. Meningkatkan motivasi dan keterlibatan

OKR memainkan peran penting dalam meningkatkan motivasi dan keterlibatan karyawan. Ini karena OKR memberikan karyawan tujuan yang jelas dan membuat hubungan yang jelas antara upaya mereka dan keberhasilan organisasi. Dengan memiliki tujuan yang jelas dan melihat bagaimana upaya mereka mempengaruhi keberhasilan perusahaan secara langsung, karyawan akan merasa lebih terlibat dan termotivasi untuk bekerja lebih keras dan mencapai tujuan organisasi

 

OKR adalah kunci untuk mencapai sukses dan memastikan tim bekerja bersama-sama dalam menjalankan visi-misi perusahaan. Ini bisa dibilang metode yang efektif untuk mencapai keberhasilan, sehingga bukan hal yang harus dipertimbangkan terlalu lama.

 

Referensi

Kos, Blaz. (2022). OKRs: Objectives and Key Results – the best goal-setting technique. https://www.spica.com/blog/objectives-and-key-results (Diakses 10 Februari 2023)

Prince, Sam. (2023). What are the Benefits of OKRs? https://www.whatmatters.com/faqs/benefits-of-okrs (Diakses 22 November 2022)

Stenglein, Markus. (2020). OKR Benefits: 6 reasons why you should start with OKRs now. https://www.workpath.com/magazine/okr-benefits (Diakses 22 November 2022)

FacebookTwitterEmailLinkedIn

Recent