Pentingnya Hubungan Baik dengan Rekan Kerja & Cara Membangunnya

Pentingnya Hubungan Baik dengan Rekan Kerja & Cara Membangunnya

Seperti yang Anda ketahui, bahwa lingkungan kerja sangat berpengaruh pada kinerja dari karyawan. Salah satu faktor dari terciptanya lingkungan kerja yang nyaman adalah hubungan baik yang terjalin antara karyawan. Adapun alasannya tidak lepas dari kepuasan kerja, dan produktivitas. Oleh karena itu, pada artikel ini akan mengeksplorasi kenapa hubungan baik dengan rekan kerja tersebut penting dan cara membangunnya. 

Pentingnya Hubungan Baik dengan Rekan Kerja

Pada dasarnya, ini bukan hanya sekedar bagaimana menciptakan hubungan yang baik, melainkan adanya upaya untuk bisa menciptakan keterikatan secara positif antara karyawan. Jika hanya bertujuan untuk mengejar produktivitas, mungkin beberapa faktor lainnya masih memiliki pengaruh yang besar. Namun, pada saat hubungan kerja yang nyaman terbangun, maka akan bisa memberikan berbagai manfaat seperti:

Terbangunnya rasa saling mendukung

Hubungan yang baik, belum tentu dekat. Mungkin bisa jadi Anda selama ini hanya menjalani aktivitas kerja secara profesional dengan tidak terlalu mendekat dengan diri kepada rekan kerja. Tetapi, dengan membangun hubungan yang dekat, bisa menciptakan rasa saling support antara karyawan. Ini tentu saja dapat membawa pengaruh positif, yang mana membuat mereka tidak merasa sendiri di tempat kerja dan merasa dihargai.

Meningkatkan moral karyawan

Selain dapat menciptakan rasa saling support, hubungan baik antara karyawan serta dengan rekan kerja juga bisa meningkatkan moral. Adapun alasannya karena memberikan kepercayaan dan dukungan bagi setiap karyawan dalam tim untuk berkembang dan berhasil dalam pekerjaan mereka.

Mencegah terciptanya lingkungan kerja yang toxic

Sejalan dengan meningkatnya moral, hubungan yang baik dengan rekan kerja juga bisa mencegah terciptanya lingkungan kerja yang toxic. Coba bayangkan jika harus bekerja dengan orang-orang yang tidak cocok dengan Anda selama berjam-jam. Tentunya akan mempengaruhi performa Anda. Oleh karena itu, hubungan yang baik bisa membangun rasa saling percaya dan saling menghormati.  Ketika ini tercipta, maka bisa meminimalisir potensi konflik dan tekanan kerja yang tidak perlu.

Cara Membangun Hubungan yang Baik dengan Rekan Kerja

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan hubungan yang baik sesama karyawan:

Cobalah menjadi pendengar yang baik

Ego, adalah sesuatu yang terkadang sulit untuk dikendalikan, baik itu di kehidupan pribadi atau pada urusan kerja. Salah satu bukti yang menunjukkan bagaimana tingkatan ego  yaitu pada saat melakukan komunikasi dengan rekan kerja. Tak jarang karena merasa pendapat kita lebih penting, malah menghiraukan pendapat rekan kerja, sehingga enggan mendengarkan bahkan memotong pembicaraan mereka.

Ini menunjukkan bahwa sebenarnya mendengar bukanlah sesuatu yang mudah. Oleh karena itu, penting untuk menumbuhkan rasa saling menghargai agar dapat menciptakan hubungan yang positif dengan rekan kerja ataupun atasan. 

Tetapkan batasan yang jelas

Memang untuk membangun hubungan baik dengan rekan kerja bisa dibilang cukup tricky. Yang mana ketika terlalu terlalu banyak bersosialisasi, malah bisa melewati batas-batas privasi. Alih-alih terciptanya hubungan baik, malah terkesan mengganggu. Oleh sebab itu, penting untuk dapat menetapkan batasan yang jelas ketika berhubungan dengan rekan kerja.

Ketahui kapan harus meminta bantuan

Memang pada saat melakukan aktivitas kerja, kita terkadang membutuhkan bantuan dari rekan ataupun anggota tim. Adanya tuntutan menyelesaikan tugas dengan berbagai tingkat kesulitan membuat kita perlu untuk berkolaborasi. Namun, terkadang hal ini bukan menjadi alasan untuk selalu meminta tolong.

Di sisi lain, jika posisi Anda sebagai pemimpin tim, meminta bantuan atau mendelegasikan tugas tentunya akan membantu untuk memenuhi kewajiban Anda. Tetapi hal yang terpenting adalah melakukan hal tersebut di waktu dan kondisi yang tepat. Karena jika dilakukan secara terus-menerus tanpa ada alasan yang jelas justru dapat mengganggu hubungan dengan rekan kerja atau anggota tim.

Tunjukkan rasa terima kasih 

Ini adalah hal yang paling basic dan sangat krusial jika sampai dilupakan. Hubungan yang baik dapat tercipta dengan adanya rasa saling menghargai. Ucapan terima kasih merupakan salah satu contoh paling sederhana, termasuk di lingkungan kerja. Selain ucapan, menunjukkan rasa terima kasih bisa Anda lakukan dengan berbagai cara, seperti memuji kinerja mereka, membawakan makanan, atau menyebut kontribusi mereka jika Anda berperan sebagai ketua tim. Selain itu, dengan menunjukkan rasa terima kasih juga bisa menumbuhkan rasa saling percaya, sehingga membawa dampak positif dalam hubungan kerja.

Hindari budaya gosip

Jika berbicara mengenai gosip, pasti Anda juga memahami bahwa hal ini bukanlah sesuatu yang baik dalam lingkungan kerja. Dikutip dari SHRM, ada beberapa dampak buruk dari gosip yaitu sebagai berikut:

  • Erosi kepercayaan dan buruknya moral
  • Kehilangan produktivitas dan membuang waktu
  • Kecemasan yang meningkat di kalangan karyawan karena desas-desus beredar tanpa informasi yang jelas  dan bukan fakta.
  • Perpecahan di antara karyawan karena keberpihakan.
  • Menyakiti perasaan dan reputasi.
  • Atrisi karena karyawan yang baik keluar dari perusahaan karena lingkungan kerja yang tidak sehat.

Sebagai upaya untuk mencegah adanya budaya gosip ini yaitu bisa dengan membiasakan menyebarkan informasi positif di lingkungan kerja.

 

Itulah beberapa tips mengenai cara membangun hubungan baik dengan rekan kerja. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda.

FacebookTwitterEmailLinkedIn

Recent