Ini Skill yang Kamu Butuhkan untuk Dapatkan Promosi Jabatan!

Ini Skill yang Kamu Butuhkan untuk Dapatkan Promosi Jabatan!

Siapa yang tak tertarik untuk mendapatkan promosi jabatan? Tentu semua karyawan mengidam-idamkannya. Namun, tak sama seperti dahulu, naik dan mengemban posisi baru dalam struktur organisasi saat ini membutuhkan sentuhan yang berbeda.

Perkembangan teknologi dan perubahan pasar yang sangat cepat menuntut setiap orang memiliki skill tertentu. Seperti contoh, untuk memimpin dibutuhkan berbagai macam kemampuan dan keterampilan interpersonal yang bahkan lebih dari hanya sekedar menguasai job-description.

So, untuk kamu yang tertarik mendapatkan promosi jabatan di tempat kamu bekerja, simak beberapa skill mendasar yang perlu kamu kuasai agar tangga menuju perkembangan karirmu mulus tanpa halangan!

Memahami Promosi jabatan di Era Digital

Pada dasarnya, promosi jabatan adalah kesempatan yang diberikan oleh perusahaan terhadap karyawan untuk berkembang di lingkungan kerja mereka sebagai bentuk penghargaan terhadap kerja keras yang sudah dilakukan.

Promosi jabatan dalam arti general dapat diartikan sebagai proses kenaikan posisi yang diterima oleh seorang karyawan di tempat kerja. Hal ini memungkinkan untuk terjadi ketika mereka mampu menunjukkan pencapaian atau kinerja yang memuaskan.

Mengingat promosi jabatan melibatkan penyerahan tanggung jawab dan otoritas yang lebih luas, maka karyawan dituntut untuk mampu mengemban permintaan tersebut.

Bentuk promosi jabatan juga menghasilkan berbagai macam keuntungan bagi karyawan yang menerimanya. Hal ini dapat berupa kenaikan posisi, gaji, tanggung jawab, serta otoritas dan kesempatan mengelola tim atau divisi tertentu. 

Namun di era modern seperti saat ini, kenaikan jabatan bukan hanya soal kinerja dan pencapaian. Banyak faktor lain yang tentunya menjadi pertimbangan para manajer untuk menaikkan pangkat seseorang.

Hal ini meliputi level kreativitas dan inovasi, kemampuan interpersonal, serta resiliensi dan adaptabilitas terhadap situasi terkini.

Skill yang Dibutuhkan Saat Ini untuk Mendapat Promosi Jabatan

Di era digital serta perkembangan bisnis yang berjalan begitu cepat, keterampilan yang dibutuhkan untuk promosi jabatan dapat bervariasi. Namun, terdapat beberapa keterampilan mendasar yang umumnya dibutuhkan untuk memenuhi syarat dan menjadi indikator promosi jabatan seperti:

1. Keterampilan teknis

Keterampilan teknis meliputi kemampuan seorang karyawan untuk melakukan tugas yang berkaitan dengan pekerjaan mereka. Jika kamu sebelumnya berada pada divisi keuangan, maka keterampilan keuangan kamu akan menjadi pertimbangan utama untuk mendapatkan promosi jabatan.

2. Keterampilan kepemimpinan

Keterampilan kedua yang dibutuhkan untuk mendapatkan kenaikan posisi adalah skill leadership kamu.

Keterampilan leadership dapat berupa kemampuan kamu dalam mengambil keputusan (decision-making), kemampuan mengelola tim (manajerial), dan juga kemampuan memotivasi orang lain ketika berada dalam sebuah tim.

3. Keterampilan interpersonal

Selanjutnya adalah skill interpersonal. Keterampilan ini berkaitan dengan cara kamu berkomunikasi secara aktif dengan orang lain. Baik lisan maupun tertulis, kamu dituntut untuk mampu berinteraksi dengan pihak lain dengan baik. 

Tak hanya itu saja, kemampuan kamu untuk mendengarkan atau berempati dengan rekan satu tim juga menjadi pertimbangan mendasar untuk bisa naik jabatan lho!

4. Keterampilan time-management

Kemampuan mengelola waktu juga sangat dipertimbangkan untuk seseorang bisa mendapatkan kenaikan jabatan loh! Hal ini tak lepas dari kebutuhan saat ini dibawa bisnis berjalan sangat cepat seakan-akan tak pernah tidur. 

Maka dari itu, keterampilan mengelola waktu dengan baik dengan efektif dan efisien sangat dibutuhkan.

5. Kreativitas dan Inovasi

Tak kalah pentingnya dengan skill mengelola waktu, kreativitas dan inovasi juga menjadi poin pertembingan seseorang mendapatkan kenaikan jabatan. 

Alasannya? Mereka yang dapat berpikir kreatif dan inovatif tentu dapat melahirkan ide-ide original di lingkungan kerja. Dampaknya, ide-ide original tersebut akan turut membantu bisnis berkembang di era seperti saat ini.

6. Kemampuan teknologi

Tak dapat dipungkiri, di tengah perkembangan teknologi yang serba cepat seperti saat ini, karyawan dituntut untuk mampu menguasai segala jenis aspek teknologi.

Hal ini meliputi kemampuan mereka menggunakan aplikasi terbaru, memahami cara kerja perangkat lunak, serta memiliki informasi yang cukup tentang tren teknologi saat ini. 

Tentu, hal ini berkaitan dengan adaptabilitas mereka terhadap perubahan lingkungan kerja akibat kemajuan teknologi yang muncul dan mempengaruhi tugas sehari-hari mereka.

7. Kemampuan Analitis

Karena nantinya kamu akan mengisi jabatan yang lebih tinggi, di mana kamu akan mengelola sebuah tim, maka kamu juga perlu memiliki analytical skill

Keterampilan analitis mencakup kemampuan mengumpulkan informasi berupa data, menganalisisnya, serta mengambil keputusan dari fakta-fakta dan bukti yang kamu dapat.

Hal ini menjadi sangat penting mengingat tren bisnis telah bergeser dari proses pengambilan keputusan tradisional ke data-driven decision making.

8. Keterampilan adaptasi

Pada akhirnya, di era digital seperti saat ini, kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi sekitar menjadi sangat diperlukan. Tren akan terus berubah, bahkan terkadang terlihat tidak menentu. 

So, hanya orang-orang dengan kemampuan adaptasi tinggi yang nantinya mampu memenangi ketidaktentuan itu dan menjadi pemenang karena mampu memecahkan masalah secara efektif.

 

Promosi jabatan di era modern tentu memiliki tantangan baru yang lebih unik dan berbeda dari sebelumnya. Dengan perubahan teknologi dan bisnis yang begitu cepat, seseorang dituntut mampu beradaptasi dengan situasi tersebut.

Jadi, jika kamu tertarik untuk mendapatkan promosi jabatan saat ini, pastikan kamu menguasai skill set di atas ya!

FacebookTwitterEmailLinkedIn

Recent