Pentingnya Pelatihan Karyawan serta Manfaatnya bagi Perkembangan Bisnis

Pentingnya Pelatihan Karyawan serta Manfaatnya bagi Perkembangan Bisnis

Pelatihan karyawan merupakan aspek penting dari keberhasilan organisasi. Anda mungkin juga menyadari bahwa adanya program tersebut dapat membantu karyawan mengikuti tren industri terbaru dan mengembangkan praktik kerja terbaik. Namun, seberapa pentingkah hal ini? Apakah hanya berdampak pada karyawan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka artikel ini akan membahas pentingnya pelatihan karyawan bagi bisnis dan perusahaan.  

Pentingnya Pelatihan Karyawan

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh The American Society for Training and Development, bahwa perusahaan yang berinvestasi dalam pelatihan karyawan memiliki margin keuntungan 24% lebih tinggi dari yang pada yang tidak. Ini bisa menjadi salah satu bukti bahwa dengan menerapkan program pelatihan bagi karyawan bukanlah sesuatu yang buru.

Selain itu, ada beberapa alasan kenapa pelatihan karyawan ini penting dan bisa menjadi alternatif efektif untuk mengembangkan bisnis Anda. 

Peningkatan potensi leadership

Dikutip dari Forbes, berinvestasi pada karyawan Anda mengarah pada investasi timbal balik sebagai balas jasa. Saat mereka memperoleh kemampuan baru, mereka mungkin mengejar pertumbuhan profesional dengan mencari peran yang lebih tinggi di dalam perusahaan. Hal ini dapat menyebabkan kemajuan mereka menaiki posisi kepemimpinan dari waktu ke waktu. Yang mana dengan kata lain, ini dapat meningkatkan struktur organisasi yang lebih solid dan baik untuk produktivitas perusahaan.

Meningkatkan retensi dan motivasi karyawan

Sejalan dengan pertumbuhan kemampuan dan juga karir, adanya pelatihan juga membuat karyawan lebih loyal pada perusahaan Anda. Adapun alasannya karena memberikan pelatihan dapat menunjukkan kepedulian Anda dengan mereka. Ini tidak hanya meningkatkan motivasi karyawan, tetapi juga memberikan kepuasan kerja serta menumbuhkan komitmen pada organisasi Anda untuk jangka panjang.

Merekrut karyawan tidaklah murah

Jika dilihat dari sisi efektifitas finansial, mungkin dengan memberikan pelatihan karyawan bisa menjadi pilihan untuk mengoptimalkan produktivitas tanpa harus melakukan perekrutan baru. Adapun ada beberapa faktor yang membuat proses perekrutan tidaklah murah, seperti biaya tim rekrutmen dan tim tambahan, komisi atau bonus rujukan karyawan, iklan untuk lowongan kerja, serta pembuatan program orientasi.

Tujuan Pelatihan Karyawan

Berikut beberapa alasan mengapa pelatihan sangat penting bagi perusahaan:

 Untuk meningkatkan kinerja karyawan

Tujuan utama dari dari pelatihan adalah untuk meningkatkan kinerja dan performa karyawan. Pelatihan yang diberikan tentunya akan berdampak pada meningkatnya kemampuan kerja mereka, yang mengarah pada tumbuhnya kepercayaan diri dan kompetensi dalam menjalankan tugas-tugasnya. Namun, yang paling utama dari hal ini yaitu bagaimana ketika terjadinya peningkatan pada keterampilan kerja karyawan dapat membawa pengaruh positif berupa meningkatnya kualitas dan produktivitas perusahaan.

Untuk memenuhi tujuan organisasi

Tujuan selanjutnya adalah untuk dapat mengoptimalkan upaya perusahaan untuk mencapai tujuan bisnis. Dengan tingkat kemampuan karyawan yang rendah, sepertinya akan sulit menjalankan berbagai objektif yang telah direncanakan. Oleh karena itu, dengan memberikan pelatihan, dapat menyelaraskan tujuan karyawan dan sasaran organisasi. Sehingga kontribusi yang diberikan oleh mereka dapat dirasakan secara jelas dan tidak keluar dari rencana bisnis.

Untuk menumbuhkan budaya perusahaan yang positif

Pada dasarnya pemberian pelatihan ini tidak hanya sekedar untuk meningkatkan kemampuan, melainkan juga bisa menciptakan budaya kerja yang positif. Dikutip dari Factorialhr, pelatihan karyawan juga bisa mengajari karyawan cara berinteraksi dan berperilaku yang benar satu sama lain. Ini tidak hanya akan meningkatkan suasana tempat kerja, melainkan dapat menghilangkan potensi masalah, seperti perundungan dan pelecehan, sehingga akan membentuk budaya organisasi yang terdefinisi dengan baik.

Manfaat Pelatihan Karyawan

Sementara itu, pelatihan karyawan juga memiliki berbagai manfaat bagi organisasi, yakni:

Karyawan yang terlatih memiliki standar kerja yang lebih tinggi

Semakin meningkatnya kemampuan karyawan Anda, maka semakin membaik standar kerja dari mereka. Pelatihan yang diberikan juga bisa meminimalkan terjadinya kesalahan, sehingga kualitas dari hasil kerja mereka bisa menjadi lebih baik. 

Namun, untuk bisa mencapai pada tahap tersebut, Anda perlu untuk merancang program pelatihan yang sesuai dengan kemampuan karyawan. Umumnya hal ini bukan hanya sekedar memberikan ilmu baru, melainkan lebih pasa mengembangkan kemampuan yang sudah ada, sehingga bisa memberikan dampak yang besar pada keterampilan karyawan.

Peningkatan kualitas dan kepuasan pelanggan

Sejalan dengan membaiknya standar kerja, ini juga berdampak pada meningkatnya kualitas pelayanan ataupun produksi dari bisnis. Alasannya karena karyawan yang menerima pelatihan lebih siap untuk mengerjakan berbagai tugas dan tanggung jawab, sehingga memberikan dampak positif pada kualitas produk maupunataupun layanan. Yang mana ini juga berbanding lurus dengan meningkatnya kepuasan dari pelanggan terhadap bisnis yang sedang Anda jalankan.

Mencegah terjadinya skill gap

Melalui pelatihan, Anda bisa mengetahui tingkatan kemampuan yang dimiliki oleh karyawan Anda. Dengan pendekatan yang proaktif,  kemampuan tersebut dapat dianalisa, sehingga bisa melacak apakah ada gap atau tidak pada kemampuan mereka. Selain itu, ini juga bisa menjadi bahan evaluasi untuk menyesuaikan level  pelatihan yang akan diberikan, agar nantinya bisa mencegah ketimpangan skill dari masing-masing karyawan.

Perbaikan struktur organisasi

Pelatihan dapat memberikan gambaran yang jelas terhadap struktur organisasi dari sebuah perusahaan. Ketika karyawan mendapatkan pembelajaran, secara tidak langsung mereka juga memahami bagaimana bentuk budaya perusahaan dan cara kerjanya. Hal ini sebenarnya sangat penting untuk untuk karyawan dapat bekerja secara konsisten dan sistematis, sehingga bentuk pengembangan kemampuan yang nantinya akan dilakukan secara mandiri tidak hanya sekedar coba-coba.

Membangun Keunggulan Kompetitif

Ketika karyawan mengetahui pengetahuan dan teknologi bisnis terbaru itu dapat membawa pengaruh positif dalam pekerjaan mereka. Selain itu, ini juga bisa meningkatkan kualitas dari SDM, yang tentunya memiliki keunggulan yang siap bersaing di industri. Alasannya, dalam lingkungan yang berubah dengan cepat saat ini, perusahaan perlu beradaptasi dengan tantangan baru dan tuntutan pelanggan. Sehingga dapat mencegah ketertinggalan. 

Itulah penjelasan mengenai pentingnya pelatihan karyawan dan juga manfaatnya bagi perusahaan serta bisnis. Ini bukanlah sesuatu yang harus menjadi keterpaksaan bagi Anda, tetapi bisa menjadi upaya untuk mengubah bisnis menjadi lebih baik.

 

FacebookTwitterEmailLinkedIn

Recent