Google’s Project Aristotle: Strategi Team Management yang Sukses

Google’s Project Aristotle: Strategi Team Management yang Sukses

Team management adalah sesuatu yang menarik sekaligus rumit. Proses ini seperti sebuah pertunjukkan orkestra, setiap anggota memainkan alat musik yang unik tetapi harus selaras bersama untuk menciptakan simfoni yang indah. 

Tantangannya terletak pada menavigasi kepribadian, bakat, dan dinamika yang beragam dalam tim. Untuk mengatur jalannya orkestra, seorang manajer tim harus cukup terampil dalam segi komunikasi, empati, serta kepemimpinan.

Namun, melalui manajemen tim yang efektif, bukan tidak sebuah tim dapat berkolaborasi secara efektif dan menunjukkan hasil yang luar biasa. Dari sekian banyak model dan strategi team management yang digunakan, mari simak bagaimana para pemimpin Google melakukannya dengan indah.

Kunci Sukses Google dalam Menerapkan Strategi Team Management

Salah satu kisah sukses dalam proses team management adalah apa yang terjadi pada salah satu perusahaan top dunia, Google. Langkah strategis Google terkait manajemen tim muncul dalam projectnya yang bernama Google’s Project Aristotle.

Proyek Aristoteles diciptakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang berkontribusi terhadap kesuksesan tim di dalam manajemen Google.

Perusahaan terkemuka ini melakukan studi komprehensif, menganalisis data dari ratusan tim dan mewawancarai karyawan untuk mendapatkan informasi strategis yang dapat digunakan.

Google menghabiskan 2 tahun dan sumber daya yang sangat besar untuk mempelajari lebih dari 180 tim untuk menemukan jawaban atas pertanyaan – “Apa yang membuat mereka sukses dengan strategi team management-nya?”

Google menemukan 5 faktor kunci dalam upaya mereka untuk menjawab – apa yang membuat tim mereka sukses. Kelima faktor tersebut antara lain:

Keamanan psikologis (Psychological Safety)

Kondisi ini menggambarkan situasi dimana anggota tim merasa aman mengambil resiko dan tanpa takut dipermalukan, direndahkan, atau mendapatkan konsekuensi buruk lainnya. 

Keamanan psikologis adalah terciptanya lingkungan yang memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi setiap orang untuk berpartisipasi aktif, berbagi gagasan, mengambil keputusan dan resiko, serta mengemukakan pendapat tanpa takut dihakimi, dikritik, atau dihukum. 

Ketika keamanan psikologis yang tinggi ada pada tim, maka setiap anggota tim dapat lebih leluasa mengeksplorasi ide mereka tanpa batas.

Keteguhan (Dependability)

Keteguhan adalah aspek penting dari tim manajemen di mana anggota tim secara konsisten mampu menghasilkan pekerjaan berkualitas tinggi dalam ekspektasi waktu yang telah ditentukan.

Menjadi teguh dan dapat diandalkan berarti setiap individu dapat memegang komitmen mereka, menghormati tenggat waktu, dan memberikan hasil secara konsisten.

Dalam konteks Google, keteguhan memainkan peran penting. Anggota tim yang teguh dan dapat diandalkan paham akan pentingnya kontribusi mereka di dalam tim dan merasa bangga dengan konsistensi kualitas dan hasil yang mereka berikan.

Struktur, Rencana, dan Tujuan yang Jelas (Structure and Clarity)

Di Google, setiap tim memiliki rencana dan tujuan yang jelas. Setiap anggota tim juga mampu memahami peran mereka, proses dan cara apa yang harus dilakukan untuk mencapainya, serta ekspektasi yang diharapkan dari hasil pekerjaan mereka.

Strategi team management Google juga menetapkan tujuan pada tingkat individu dan kelompok.

Untuk itu, mereka membuat tujuan yang spesifik, menantang, namun tetap realistis dan dapat dicapai. Google sering menggunakan Objectives and Key Results (OKRs) dalam mencapai tujuan jangka pendek maupun jangka panjang.

Makna (Meaning)

Menemukan makna pekerjaan baik dalam proses maupun hasil sangat berpengaruh terhadap efektivitas tim. Google melihat bahwa pekerjaan memberikan makna mendalam baik terhadap orang-orang, secara pribadi maupun kelompok.

Makna dalam pekerjaan yang dilakukan pun sangat beragam, seperti ekspresi diri bagi setiap orang, sarana untuk mencapai keamanan finansial, tempat untuk berkolaborasi, ataupun media untuk memberikan dampak positif bagi orang lain.

Dampak (Impact)

Pada akhirnya, hal yang mempengaruhi kesuksesan dan solidnya sebuah tim adalah menyadari bahwa pekerjaan yang mereka lakukan memberikan pengaruh positif serta membuat perbedaan bagi orang lain.

Ketika tim melihat upaya dan hasil pekerjaan mereka berkontribusi pada tujuan organisasi secara khusus atau dapat membantu mengatasi persoalan masyarakat secara umum, maka mereka memiliki rasa puas tersendiri. Mereka pada akhirnya menyadari bahwa apa yang mereka lakukan selama ini berdampak.

Langkah Praktis Menerapkan Strategi Team Management yang Efektif

Setelah kita memahami apa itu team management dan menemukan poin-poin penting apa yang perlu kita perhatikan dari kisah Google sebelumnya, selanjutnya mari kita coba terapkan langkah-langkah untuk mewujudkan 5 poin penting tersebut.

Membangun Keamanan Psikologis 

  • Mengadakan pertemuan tim secara berkala dan membangun suasana diskusi terbuka. Hal ini bertujuan untuk memberikan ruang bagi setiap anggota tim untuk menyampaikan pendapat dan ide-ide mereka.
  • Membuat aturan yang melindungi anggota tim dari penilaian subjektif atau kritik yang dapat berpotensi mengganggu psikologis mereka karena menyuarakan pendapat.
  • Mendorong adanya feedback positif dan apresiasi terhadap upaya dan kontribusi setiap anggota tim.

Menumbuhkan Keteguhan

  • Menetapkan deadline yang realistis dan jelas untuk setiap tugas atau proyek, serta memastikan semua anggota tim memahaminya.
  • Mengadakan pertemuan proyek secara berkala untuk memantau kemajuan dan mengatasi permasalahan yang muncul di antara anggota tim.
  • Memberikan apresiasi kepada anggota tim yang secara konsisten menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan sesuai tenggat waktu.

Membuat Struktur yang Jelas

  • Menyusun rencana kerja yang jelas, lengkap dengan tujuan serta tanggung jawab individu yang terdefinisi dengan baik.
  • Mengkomunikasikan secara terbuka visi, misi, dan strategi organisasi, serta langkah bagi setiap tim dan anggota tim untuk dapat berkontribusi terhadap pencapaian tujuan tersebut.
  • Menggunakan alat bantu seperti diagram aliran kerja, kalender proyek, atau papan tugas untuk membantu anggota tim memahami struktur dan tanggung jawab mereka.

Membangun Makna dalam Pekerjaan

  • Menjelaskan hubungan antara pekerjaan individu dengan tujuan organisasi secara keseluruhan.
  • Melibatkan anggota tim dalam proyek-proyek yang menantang namun bermakna, di mana mereka dapat melihat kontribusi mereka secara langsung.
  • Mengadakan sesi refleksi dan berbagi cerita sukses tentang bagaimana pekerjaan mereka telah memberikan pengaruh positif kepada organisasi maupun klien.

Menunjukkan Dampak yang Telah Diberikan dari Pekerjaan

  • Mempresentasikan pencapaian tim dan bagaimana pekerjaan mereka telah memberikan dampak positif pada organisasi atau komunitas.
  • Menyampaikan cerita sukses atau testimoni dari para pihak yang merasakan langsung manfaat dari hasil pekerjaan yang diberikan pada hidup mereka.

 

Kita telah melihat bagaimana Google sukses menerapkan strategi team management melalui 5 faktor kunci mereka.

Dengan mengadopsi langkah-langkah team management tersebut, bukan tidak mungkin kita juga dapat meningkatkan efektivitas tim kita dan mencapai hasil yang luar biasa.

FacebookTwitterEmailLinkedIn

Recent