Talent Pool: Bagaimana Google Menemukan Talenta Terbaiknya?

Talent Pool: Bagaimana Google Menemukan Talenta Terbaiknya?

Talent pool dapat menjadi salah satu faktor kunci dalam kesuksesan perusahaan. Bagaimana bisa? Mari kita lihat bagaimana Google memaksimalkannya.

Google merupakan salah satu perusahaan dengan sistem pengelolaan bakat yang terbaik di dunia, sebagaimana disebutkan dalam studi oleh Universum.

Di sana, resume dan surat lamaran kandidat yang terlihat bersinar pun tak menjamin mereka dapat bergabung dengan perusahaan tersebut.

Fakta menunjukkan, sebagian besar talenta mereka bahkan tak dibekali gelar atau pengalaman sama sekali.

Memahami Konsep Talent Pool

Oke, mari kita mulai dengan memahami apa itu talent pool. Talent pool dalam dunia HR adalah mereka dengan potensi dan keterampilan yang dibutuhkan perusahaan. 

Talent Pool bisa jadi karyawan yang ada di perusahaan untuk saat ini, pelamar dengan kriteria tertentu, atau bahkan alumni yang memiliki pengalaman atas pekerjaan mereka dengan perusahaan.

Bayangkan Anda memiliki kumpulan kartu koleksi yang menampilkan orang-orang dengan bakat yang dibutuhkan perusahaan Anda. 

Kartu tersebut bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber, seperti kandidat pelamar, talent yang direkomendasikan, alumni universitas, atau agensi yang menyediakan orang-orang dengan keterampilan yang Anda butuhkan dalam bisnis Anda.

Mengapa hal ini sangat penting? Perusahaan dengan sistem talent pool yang baik tentu dapat memudahkan mereka dalam mencari dan merekrut calon karyawan sesuai kualifikasi yang dibutuhkan.

Disamping itu, talent pool juga dapat membantu perusahaan mengembagkan karir atau mengisi posisi kosong untuk job yang tersedia.

Cara Genius Google Menemukan Talent Terbaik

Salah satu faktor kunci kesuksesan Google adalah kemampuannya dalam menarik dan mempertahankan bakat terbaik, terutama di industri teknologi.

Google memiliki reputasi sempurna sebagai perusahaan menarik dan inovatif, dengan menawarkan banyak kesempatan untuk berkembang bagi karyawan.

Google memiliki program khusus seperti Google Project Management Certificate, kursus sertifikat profesional online dan mandiri yang tersedia gratis melalui Coursera.

Cara tersebut merupakan langkah Google dalam mendobrak pendekatan yang terbilang terlalu tradisional untuk manajemen karyawan saat ini. 

Alih-alih menjaring kandidat berdasarkan kualifikasi pendidikan atau pengalaman karyawan, Google mengukur bakat berdasarkan kualitas mereka.

Sebagai dampaknya, mereka akan dengan mudah menemukan talenta terbaik dengan keahlian spesifik yang memang dibutuhkan oleh perusahaan.

Apa yang Bisa Kita Pelajari dari Google

Dalam memaksimalkan talent pool mereka, Google memiliki cara unik untuk diterapkan. Kita juga bisa menerapkan langkah-langkah ini untuk memaksimalkan bakat karyawan dalam perusahaan kita. Berikut poin-poinnya:

1. Menawarkan peluang pengembangan

Google memberikan banyak kesempatan untuk karyawan untuk berkembang melalui program pelatihan dan pengembangan yang beragam. 

Hal ini membantu meningkatkan keterampilan karyawan dan mempersiapkan mereka untuk role yang lebih spesifik dan tepat untuk ditempatkan pada pos-pos jabatan tertentu di perusahaan.

2. Fokus pada keterampilan dan potensi karyawan

Google menilai kandidat berdasarkan keterampilan dan potensi karyawan yang diukur dari kualitas mereka yang didapat dari kursus sertifikasi yang diambil.

Cara ini membuat Google lebih mudah menemukan bakat terbaik dengan keterampilan dan kemampuan khusus yang dibutuhkan untuk memajukan perusahaan.

3. Menyelaraskan kecocokan budaya

Google mencari orang-orang yang memiliki personality dan value yang cocok dengan budaya perusahaan mereka.

Cara ini membantu mereka memastikan bahwa karyawan akan merasa nyaman dan terinspirasi di lingkungan kerja Google yang inovatif dan kolaboratif. 

Ketika orang-orang memiliki value yang selaras, maka tujuan besar perusahaan akan mudah dicapai.

4. Memaksimalkan platform digital

Google menggunakan platform online seperti Coursera dalam menjaring bakat terbaik mereka. 

Cara ini juga dapat memperbesar peluang untuk kandidat yang mungkin tidak memiliki latar belakang pendidikan atau kualifikasi tradisional yang diperlukan untuk posisi tertentu. 

Selain Coursera, Anda juga dapat menggunakan platform lain seperti LinkedIn Learning untuk menemukan talenta terbaik yang Anda butuhkan.

Google mengingatkan kita bahwa mempelajari pentingnya fokus pada keterampilan dan potensi kandidat, memberikan peluang pengembangan dan memprioritaskan kecocokan budaya, serta memanfaatkan teknologi untuk mencari bakat yang tepat sangatlah penting untuk menemukan kandidat terbaik saat ini. 

Dengan mengadopsi cara tersebut, tentu kita akan dapat membangun talent pool yang kuat dan sukses seperti yang dilakukan oleh perusahaan besar semacam Google. 

 

Anyway, apakah Anda kesulitan menemukan talent terbaik untuk mengisi posisi strategis di perusahaan Anda? Kontak kami segera untuk mendapatkan banyak list talent pool dan kandidat terbaik untuk memajukan bisnis Anda!

FacebookTwitterEmailLinkedIn

Recent