Mengenal HR Consultant, Peran Dan Juga Manfaatnya Bagi Perkembangan Bisnis

Mengenal HR Consultant, Peran Dan Juga Manfaatnya Bagi Perkembangan Bisnis

HR consultant mungkin dapat menjadi pilihan bagi Anda yang sedang berencana untuk mengembangkan aktivitas manajemen SDM. Namun, sebelum beranjak pada tahap yang lebih jauh. Mungkin pembahasan mengenai HR consultant ini bisa menjadi informasi yang berguna bagi Anda.

Mengenal HR Consultant

Sederhananya HR consultant adalah seseorang dari luar perusahaan yang bertugas membantu untuk mengelola segala urusan sumber daya manusia. Pada aktivitasnya, mereka sering berhubungan dengan management dalam menentukan beberapa keputusan penting dalam pengelolaan karyawan, seperti membuat strategi dan rekomendasi SDM.

Selain itu, HR consultant juga memberikan saran dan panduan untuk bisnis agar dapat memastikan bahwa sumber daya manusia perusahaan berkerja dengan baik. 

Namun, beberapa HR consultant juga berbentuk sebuah perusahaan yang memiliki fokus untuk membantu bisnis lainnya dalam mengelola karyawan. Yang mana mereka menyediakan berbagai kategori layanan terkait SDM untuk bisnis.

Misalnya seperti membantu bisnis mengembangkan paket tunjangan karyawan, menangani proses perekrutan karyawan baru, membuat rekomendasi reorganisasi, atau bertindak sebagai penghubung antara manajemen dan karyawan.

Tugas Dan Tanggung Jawab HR Consultant

Fungsi utama dari HR Consultant adalah untuk membantu permasalahan SDM yang dialami oleh perusahaan. Ini bukan hanya sekedar menyelesaikan masalah, namun juga mampu memberikan saran dan rekomendasi terkait langkah-langkah terbaik yang harus dilakukan oleh perusahaan terhadap pengelolaan karyawannya. 

Selain itu, mereka juga harus mampu memberikan kontribusi untuk membangun kapabilitas sumber daya manusia jangka panjang yang efektif.

Dikutip dari HR University, HR consultant memiliki kemampuan yang lebih fleksibel dari HR specialist untuk beralih dan mengimplementasikan solusi dalam sub-departemen SDM yang berbeda. Oleh karena itu, biasanya perusahaan mengharapkan konsultan SDM dapat mengembangkan solusi untuk apa saja, mulai dari memberikan pelatihan dan dukungan, hingga menciptakan sistem penggajian yang efisien.

Selain itu, HR consultant juga memiliki tugas lainnya sebagai berikut: 

  • Memastikan program SDM sesuai dengan hukum dan peraturan ketenagakerjaan saat ini
  • Mengembangkan dan menerapkan model dan strategi SDM untuk berbagai jenis bisnis
  • Merekrut dan memilih kandidat yang tepat untuk posisi kosong
  • Memproduksi dan melaksanakan program pelatihan dan pengembangan untuk kinerja karyawan
  • Mengelola tingkat kinerja dengan mengelola penilaian dan menetapkan tujuan
  • Mengembangkan, merevisi, dan menerapkan kebijakan dan prosedur SDM
  • Menyelesaikan masalah apa pun yang mungkin dimiliki perusahaan dengan tenaga kerjanya

Manfaat Menggunakan HR Consultant

Ini sebenarnya merupakan sesuatu yang dapat diperdebatkan. Penggunaan layanan HR consultant sebenarnya tidak hanya bermanfaat bagi bisnis kecil, perusahaan yang sedang mengembangkan bisnisnya ke arah yang lebih besar juga bisa menggunakannya untuk pengelolaan SDM yang lebih efektif.

Selain itu, dikutip dari HR Research Rescue, ada beberapa keuntungan ketika perusahaan menggunakan HR consultant yaitu sebagai berikut.

Mengoptimalkan pengelolaan sumber daya manusia

Pada dasarnya manajemen SDM yang baik membantu perusahaan mempertahankan semangat kerja karyawan yang tinggi dan membuat perekrutan yang tepat. Adanya HR consultant dapat mengoptimalkan berbagai aktivitas manajemen SDM ini. Misalnya membantu manajemen membuat program penghargaan karyawan baru untuk mengakui pencapaian yang luar biasa.

Selain itu, bisa juga seperti berperan dalam merombak strategi rekrutmen perusahaan yang ada untuk menarik talenta terbaik. Inti dari berinvestasi pada HR consultant adalah tidak hanya menarik talenta terbaik yang ada, tetapi juga mempertahankannya.

Membantu dalam meningkatkan keterlibatan karyawan.

Seperti yang kita ketahui bahawa generasi millenial memiliki kecenderungan untuk berpindah-pindah pekerjaan. Salah satunya penyebabnya yaitu karena kurangnya keterlibatan mereka terhadap tempat kerjanya.

Berdasarkan riset dari Gallup,  hanya 29% generasi milenial yang terlibat dalam pekerjaan, yang berarti hanya sekitar tiga dari 10 orang yang secara emosional dan perilaku terhubung dengan pekerjaan dan perusahaan mereka.

Pemberian program pelatihan dan pengembangan merupakan beberapa cara yang dinilai efektif untuk meningkatkan keterlibatan karyawan. Pemilihan HR consultant yang tepat, dapat membantu Anda dalam mempersiapkan program pelatihan yang efektif. Ini tidak hanya menciptakan proses yang tepat, tetapi juga pada proses komunikasi yang terkadang sulit untuk dilakukan oleh pemilik bisnis.

Menerapkan penggunaan teknologi SDM yang lebih baru

Pada kenyataannya tak sedikit bisnis yang masih menerapkan proses pengelolaan SDM dengan cara lama. Sebenarnya ini bukan masalah ketika cocok dengan budaya perusahaan. Namun, adanya faktor perekrutan dan cara kerja yang berbeda dari talenta saat ini membuat cara pengelolaan SDM mungkin harus disesuaikan, termasuk dalam penggunaan teknologi.

Perusahaan HR consultant dapat membantu bisnis dalam proses peningkatan teknologi ini. Mereka dapat membantu organisasi tumbuh melalui penerapan teknologi SDM baru, dengan fokus utama pada pengoptimalan dan otomatisasi. Selain mempermudah pengelolaan SDM, penggunaan sistem yang lebih baru mungkin lebih sesuai dengan cara kerja karyawan saat ini.

Misalnya pada proses perekrutan dan onboarding yang dapat dilakukan dengan  virtual atau jarak jauh. HR consultant yang baik tidak hanya melakukan proses ini dengan efektif, tetapi juga menyusun strategi yang efisien dan dapat diimplementasikan untuk jangka panjang.

 

Demikianlah penjelasan mengenai peran dan manfaat menggunakan HR consultant. Klique.id dapat membantu Anda menyelesaikan masalah manajemen SDM perusahaan Anda! Segera hubungi kamu melalui link berikut.

 

FacebookTwitterEmailLinkedIn

Recent